Wisata Pemandian Air Panas Lau Sidebuk-debuk, Di Berastagi

Wisata Pemandian Air Panas Lau Sidebuk-debuk, Di Berastagi

Wisata Pemandian Air Panas Lau Sidebuk-debuk, Di Berastagi

Wisata Pemandian Air Panas Lau Sidebuk-debuk – Sidebuk-debuk, merupakan kawasan destinasi wisata di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Namun, dari banyaknya tempat destinasi wisata di tanah karo, pemandian air panas menjadi tempat yang paling favorit.

Hampir setiap hari menjelang malam hari dan pagi dini hari, tempat tersebut selalu ramai dikunjungi para wisatawan.

Apalagi menjelang hari libur, para wisatawan membeludak mengunjungi Pemandian Air Panas Sidebuk-debuk ini.

Pemandian Air Panas Lau Sidebuk-debuk atau Sidebuk-debuk. Di sini, traveler dapat berendam di dalam kolam air panas yang mengandung sulfur atau belerang yang dapat memberikan manfaat bagi tubuh.

Yang unik dari pemandian air panas Sidebuk-debuk ini meskipun rasa airnya panas, namun tetap dapat merasakan sensasi dingin karena letaknya yang berada di kawasan Gunung Sibayak serta lokasi tempat pemandian yang berada 2.100 km dari permukaan laut.

Panasnya air sumber air yang mengandung belerang ini berasal dari retakan aliran lava di daerah selatan lereng Gunung Api Sibayak yang memiliki banyak manfaat. Seperti menyembuhkan penyakit kulit, gatal-gatal, alergi atau rematik. Tidak perlu khawatir akan bercampur dengan penyakit orang lain, karena air kolam ini terus bersirkulasi.

Tempat pemandian air panas dibentuk ke beberapa kolam-kolam dengan tingkat panas yang bervariasi sehingga lebih tertata rapi, airnya dialirkan melalui pipa-pipa dari rekahan gunung Sibayak.

Di dekat kolam juga terdapat sumur dan beberapa kotak kecil untuk melakukan ritual adat karena Sidebuk-debuk merupakan salah satu tempat suci bagi para penganut kepercayaan di Tanah Karo yang bernama Kalak Pemena.

Pemandangan yang ditawarkan juga menarik. Di sini traveler dapat melihat keindahan alam hijau dan gunung Sibayak. Kebanyakan pengunjung adalah wisatawan yang seusai mengunjungi Berastagi atau para pendaki yang selesai mendaki gunung.

Berbeda dengan tempat pemandian lainnya, di sini para pengunjung biasanya banyak yang datang saat malam hari. Tidak heran kalau banyak yang membuka pemandian hingga 24 jam tetapi ada juga yang hanya sampai pukul 24.00 WIB.

Banyak Fasiltas yang disediakan di sini. Terdapat kamar ganti, toilet, sewa pakaian atau penginapan-penginapan jika ada yang ingin bermalam di Taman Wisata Pemandian Alam Lau Sidebuk-Debuk.