Wisata di Yogyakarta yang Kental Nuansa Mistis

Wisata di Yogyakarta yang Kental Nuansa Mistis 1 - Wisata di Yogyakarta yang Kental Nuansa Mistis

Wisata di Yogyakarta yang Kental Nuansa Mistis, Berani Uji Nyalimu?

Wisata di Yogyakarta yang Kental Nuansa Mistis – Yogyakarta atau Jogja memang memiliki banyak banget tempat yang bisa dikunjungi. Namun kamu tahu enggak sih, kalau Jogja juga punya tempat wisata horor loh. Yogyakarta punya wisata yang cukup komplet.

Tak hanya bisa menikmati wisata kuliner atau wisata alam, kamu juga bisa menyambangi tempat-tempat wisata yang kental akan nuansa mistis. Tempat-tempat wisata ini dipercaya menyimpan kisah misteri yang dipercayai oleh banyak orang. Penasaran di mana saja? Yuk, simak ulasan dari doelgercenter.com berikut ini!

Rumah Kentang Kotabaru

Bagi orang yang sudah lama tinggal di Yogya, pasti sudah gak asing lagi sama rumah kentang yang berada di Jalan Sabirin, Kotabaru, Kota Yogyakarta. Rumah ini memang dulunya terkenal sebagai rumah hantu. Konon saat malam hari, warga sekitar yang lewat sering mencium bau kentang bakar.

Aroma kentang ini dipercaya warga sekitar sebagai pertanda adanya makhluk genderuwo di sekitar lokasi. Kini rumah kentang tak lagi kosong dan telah digunakan sebagai kantor Bank BTN. Namun, kisah mistisnya tetap melekat di warga Yogyakarta.

Keraton Yogyakarta

Keraton dan Yogyakarta merupakan dua hal yang tak terpisahkan. Istana megah yang dibangun sejak 1755 ini hingga kini masih dipakai sebagai kediaman raja dan keluarganya. Bagi warga Yogya, keraton merupakan kawasan yang sakral. Tak sedikit warga Yogya yang percaya keraton dijaga oleh banyak makhluk gaib.

Oleh karena itu, wisatawan diwajibkan menjaga sopan santun dan tata krama saat berkunjung ke keraton. Dipercaya sebagai tempat yang sakral, membuat keraton selalu diselimuti dengan nuansa mistis yang kental.

Gereja Ghotic Sayidan

Gereja Gothic Sayidan berada di kawasan Sayidan, Prawirodirjan, Kecamata Gondomanan, Kota Yogyakarta. Bangunan ini sebenarnya bukan sebuah gereja, melainkan rumah bak istana yang lama ditinggalkan. Namun, karena ornamennya menyerupai gereja-gereja di Eropa, maka banyak orang-orang menyebutnya gereja gothic. Warga sekitar mengaku bangunan ini angker dan banyak penampakan sering muncul dari dalam rumah.

Nuansa Horor dan Menyeramkan yang Dijamin Bakal Memberikan Kamu Pengalaman yang Tak Terlupakan

Pantai Parangkusumo

Kawasan pantai selatan Yogyakarta memang selalu kental dengan cerita-cerita mistis, tak terkecuali Pantai Parangkusumo yang dipercaya sebagai gerbang masuk istana kerajaan Ratu Pantai Selatan atau yang dikenal sebagai Kanjeng Ratu Kidul.

Meski kental dengan nuansa mistis, Pantai Parangkusumo bersama Pantai Parangtritis selalu ramai dikunjungi wisatawan karena menawarkan panorama alam yang memesona.

Pesanggrahan Sarjanawiyata Taman Siswa

Pesanggrahan Sarjanawiyata Taman Siswa berada di dalam kawasan wisata Kaliurang, Kabupaten Sleman. Bangunan berbentuk vila mewah ini sudah eksis sejak zaman Belanda. Namun, karena erupsi Merapi tahun 1994, Pesanggrahan mulai ditinggalkan dan akhirnya terbengkalai hingga sekarang.

Lokasinya yang cukup terpencil dan kondisi rumah yang sudah kosong membuat tempat ini diselimuti nuansa mistis. Salah satunya cerita tentang penampakan noni Belanda yang kerap muncul di lantai dua.

Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg merupakan benteng pertahanan yang dibangun pemerintahan kolonial Belanda pada 1767. Usianya yang sangat tua membuat bangunan eksotis ini dipercaya menyimpan banyak kisah mistis.

Mulai dari penampakan noni Belanda, hantu pasukan tentara Belanda, hingga teriakan yang terdengar sampai Pasar Beringharjo. Kini Benteng Vredeburg disulap menjadi museum yang Instagenic. Kamu bisa belajar tentang sejarah perjuangan Indonesia sekaligus berfoto-foto di benteng ini.

Yogyakarta Punya Beberapa Alternatif Tempat Wisata

Panggung Krapyak

Panggung Krapyak atau Kandang Menjangan merupakan bangunan bersejarah berbentuk ruangan menyerupai kubus. Lokasinya berada di Jalan K.H. Ali Maksum, Panggungharjo, Sewon, Yogyakarta.

Bangunan ini dulunya digunakan raja-raja Mataram sebagai tempat pengintaian untuk berburu binatang. Konon, Panggung Krapyak merupakan salah satu tempat dengan nuansa mistis di Yogya. Gak sembarangan orang boleh masuk ke dalam bangunan tanpa izin dari juru kunci Panggung Krapyak.

Goa Jepang

Gua atau Goa Jepang berlokasi di kaki Gunung Merapi. Gua ini dulunya digunakan sebagai tempat persembunyian tentara Jepang dari tentara sekutu. Konon, di dalam gua ini juga pernah terjadi penyiksaan warga pribumi oleh tentara Jepang. Jadi gak heran kalau gua ini dianggap angker.

Itulah beberapa tempat wisata di Yogyakarta yang dikenal punya cerita mistis. Kamu sudah mengunjungi salah satunya? Bagikan pengalamanmu di kolom komentar ya!