Warga Cimahi & Bandung Waspada Ancaman Sesar Lembang di 2021

37 830x467 - Warga Cimahi & Bandung Waspada Ancaman Sesar Lembang di 2021

Warga Cimahi & Bandung Waspada Ancaman Sesar Lembang di 2021

Warga Cimahi & Bandung Waspada Ancaman Sesar Lembang di 2021Patahan Lembang (Lepat Lembang) atau Sesar Lembang adalah sebuah patahan geser aktif yang terletak di Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Sesar Lembang mengalami pertemuan dengan Sesar Cimandiri di Padalarang.

Patahan ini memanjang dari padalarang hingga Jatinangor yang kira kira memiliki jarak sekitar 29 Km. Gunung Batu  merupakan titik akhir dari Patahan Lembang di Lembang tepat berada di belakang gunung. Menurut BMKG, patahan ini bisa menyebabkan gempa berkekuatan sekitar 6,8 hingga 7 Skala ritcher.

Sesar Lembang sendiri terbagi menjadi dua Segmen (bagian), yakni Segmen barat dan Segmen timur sehingga gempa yang diakibatkan IDN Poker Online Terpercaya 2021 memiliki skala yang berbeda-beda. Pergerakkan Sesar Lembang mencapai 3 milimeter/tahun. Akan tetapi, segmen-segmennya memiliki pergerakan tersendiri sehingga pergerakkan Sesar Lembang tidak Sempurna. Meski begitu, kecepatan pergerakan Sesar Lembang selalu berubah-ubah.

1. BMKG tidak bisa memprediksi sesar mana saja yang akan bergerak

sesar kendeng2 3ee3072cf7dad6d72ec1f217f9840ed0 - Warga Cimahi & Bandung Waspada Ancaman Sesar Lembang di 2021

Ayu mengatakan, selain sesar Lembang ada juga beberapa sesar di Jabar yang berpotensi mengalami pergerakan. Namun, hal ini di sebutkannya masih belum bisa di ketahui secara persis mana yang akan bergerak selama 2021 ini.

“Kita tidak bisa memprediksi sesar mana yang bergerak. Semua berpotensi bergerak, aktivitas terakhir pada 1600 ada sesar Lembang,” ucapnya.

2. BMKG sudah merekomendasikan penelitiannya ke pejabat daerah

Selain sesar yang berpotensi bergerak pada 2021 ini, perairan di wilayah Jabar selatan juga berpotensi terjadi bencana alam tsunami. Ia meminta, untuk masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir dan tepi pantai, selalu melihat prediksi cuaca.

“Kita sudah koordinasi, baik dari Pangdam III Siliwangi dan jajarannya dengan bapak Gubernur Jabar untuk meningkatkan kewaspadaan terkait potensi tsunami di selatan Jabar,” ungkapnya.

3. Jabar selatan di minta meningkatkan kewaspadaan akan adanya potensi tsunami

Info%20Tsunami - Warga Cimahi & Bandung Waspada Ancaman Sesar Lembang di 2021

Ayu menambahkan, potensi di putuskan berdasarkan analisa dari peristiwa gempa di tahun 2005-2006 di Jabar. Saat itu, gelombang pantai mencapai tujuh meter di Kabupaten Pangandaran dan pesisir pantai selatan Tasikmalaya, sehingga potensi tsunami ada pada 2021.

“Masyarakat tetap harus melakukan mitigasi. Memang harus di tingkatkan kewaspadaannya untuk Jabar bagian selatan,” katanya.

4. Ada 79 peristiwa gempa bumi yang di rasakan warga Jabar di awal tahun 2021

Sebelumnya, Ayu mengatakan bahwa ada 79 bencana alam gempa bumi yang terjadi di seluruh wilayah Jabar sepanjang 1- 24 Januari 2020. Kejadian gempa banyak di rasakan di Sukabumi, Garut, dan Tasikmalaya. Bahkan, ada yang terasa hingga Provinsi Banten.

“Tidak ada gempa besar, semua di bawah 5 magnitudo. Gempa yang di rasakan ini berkisar 4 magnitudo ke bawah,” kata dia

Sesar Lembang masih menjadi ancaman serius bagi wilayah Kota Bandung, Cimahi, dan Lembang. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pun meminta masyarakat di wilayah ini waspada terjadinya potensi pergerakan sesar ini yang bisa memicu gempa.Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung Teguh Rahayu, mengatakan, sesar Lembang secara historis merilis kegempaan sekitar 500 tahun lalu. Berdasarkan data, pergerakan terjadi antara magnitudo 6,9 sampai 7,0 di tahun 1600.