Tips merawat sparepart motor matic injeksi pada umumnya

Tips merawat sparepart motor matic injeksi pada umumnya

Tips merawat sparepart motor matic

Tips merawat sparepart motor matic injeksi pada umumnya – Sepeda motor matic sudah lama di minati oleh seluruh dunia khusus  nya di indonesia sendiri.

Motor matic merupakan sepeda motor yang banyak digemari dikarenakan mudah untuk dikendarakan dan harga terjangkau. Beberapa nama perusahaan besar yang memproduksi motor matic seperti, Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki dll.

Merawat sparepart sepeda motor matic

Semua sepeda motor pasti memerlukan perbaikan mulai dari mesin hingga part-part kecil, seperti lampu dan sikring. Berikut adalah beberapa cara merawat motor matic :

1. Memanaskan mesin di awal start

Proses memanaskan mesin di pagi hari ataupun disaat motor baru akan digunakan dianggap perlu untuk dilakukan. Hal ini bertujuan agar proses pembakaran di dalam mesin bisa sempurna sebelum digunakan.

Selain itu juga, pemanasan juga bertujuan agar oli mesin melumasi seluruh bagian dalam mesin motor, dan juga agar temperatur mesin motor menjadi tetap stabil. Sebaiknya, pemanasan mesin motor dilakukan antara 5-10 menit.

2. Mengendarai motor dengan baik

mengendarai motor dengan baik adalah Jangan terlalu sering mengendarai motor dengan laju kecepatan tinggi, dan mengerem secara tiba-tiba kemudian motor kembali di laju dengan kecepatan tinggi lagi, atau sebaliknya.

Jika hal ini sering anda lakukan, maka motor matic anda akan memiliki usia yang tidak panjang dengan kata lain cepat rusak. Motor matic berbeda dengan motor manual dalam perpindahan persneling nya. Jadi gunakan motor matic sewajarnya saja agar mesin tetap awet.

3. Mengecek kondisi bahan bakar

Jika anda sering mengabaikan kondisi bahan bakar motor matic injeksi bisa menyebabkan motor menjadi cepat rusak. Periksa selalu kondisi bahan bakar dalam tangki bahan bakar motor matic injeksi anda. Jangan biarkan tangki bahan bakar anda sampai kondisi kosong.

4. Mengganti Oli mesin secara rutin

Oli pada mesin anda harus di ganti secara rutin dikarenakan akan beresiko tinggi pada kerusakan sparepart mesin. Selain itu oli mesin juga berfungsi untuk mengurangi haus mesin dan melindungi part-part yang ada di dalam mesin. Dengan rutin mengganti oli mesin, anda sudah memperpanjang usia motor anda.

Biasa nya seseorang mengganti oli mesin dengan memperhatikan jarak tempuh atau bisa juga dengan waktu yaitu 1 bulan sekali.

5. Memeriksa kondisi aki dan busi

Performa motor matic sangat di pengaruhi oleh aki dan busi. Aki dan busi merupakan komponen kelistrikan yang sangat dibutuhkan motor manapun.

Jika aki dan busi kamu tidak berfungsi dengan baik akan ada beberapa part yang tidak berfungsi dengan baik, misalnya jika aki mu yang sudah tidak berfungsi dengan baik, akan menimbulkan fungsi yang tidak normal seperti klakson yang tidak berfungsi sempurna.

Kemudian jika busi anda yang sudah tidak berfungsi dengan baik akan menimbulkan tanda-tanda seperti knalpot mengeluarkan suara tembak-tembak sesekali.

6. Memeriksa v-belt dan roller

V-belt dan roller juga komponen yang penting yang berada di CVT, V-belt dan roller hanya ada di motor matic.

Jika V-belt motor anda rusak, maka motor anda tidak dapat berjalan dengan semesti. Akan sangat jika v-belt motor anda putus secara tiba-tiba di tengah perjalanan,karena akan menimbulkan kecelakaan.

Roller motor juga mempengaruhi performa motor anda, Jika tarikan motor anda sudah terasa berat, maka roller motor anda sudah ingin habis. Bentuk dari roller motor berbentuk seperti ring. waktu yang tepat untuk mengganti roller yaitu ketika anda sudah mendengar bunyi kasar pada cvt anda seperti bunyi kletek -kletek.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *