Tips Aman Membawa Barang dengan Sepeda Motor Sampai Tujuan

40 830x556 - Tips Aman Membawa Barang dengan Sepeda Motor Sampai Tujuan

Tips Aman Membawa Barang dengan Sepeda Motor Sampai Tujuan

Tips Aman Membawa Barang dengan Sepeda Motor Sampai Tujuan – Sepeda motor adalah kendaraan beroda dua yang digerakkan oleh sebuah mesin. Letak kedua roda sebaris lurus dan pada kecepatan tinggi sepeda motor tetap stabil disebabkan oleh gaya giroskopik. Sedangkan pada kecepatan rendah, kestabilan atau keseimbangan sepeda motor bergantung kepada pengaturan setang oleh pengendara.

Kondisi ibu kota yang macet membuat banyak warga Jakarta memilih menggunakan sepeda motor untuk beraktivitas. Tak mengherankan jika penjualan sepeda motor terus naik dari tahun ke tahun. Sayangnya, bertambahnya jumlah sepeda motor ternyata gak diikuti meningkatnya kesadaran berkendara.

Lihat saja di jalan, banyak sekali pelanggaran yang dilakukan pengendara secara sengaja, seperti tidak memakai helm, menerobos lampu merah, hingga melawan arus. Padahal semua itu membahayakan. Selain itu ada hal lain yang juga membahayakan, yakni membawa barang belebihan di atas sepeda motor. Nah, berikut tips IDN Poker Online Terpercaya 2021 yang harus kamu perhatikan saat membawa barang dengan sepeda motor.

1. Pastikan muatan terikat kuat

sepeda motor usplashrais hemri a98864775f986e3ee391755f84d9f266 - Tips Aman Membawa Barang dengan Sepeda Motor Sampai Tujuan

Kalau barang bawaanmu ditaruh di atas jok, pastikan kamu telah mengikatnya dengan kuat. Cobalah goyang ke kanan atau kiri barang tersebut untuk memastikan bawaan tersebut tidak terjatuh saat di jalan.

Sebelum menarik tuas gas, pastikan dulu barang bawaanmu itu tersebut tidak mengganggu keseimbanganmu.

2. Barang bawaan tidak boleh menutupi lampu sein

sepeda motor usplashtinh khuong 39b1d085c3b1e67f104b5a9fd434078d - Tips Aman Membawa Barang dengan Sepeda Motor Sampai Tujuan

Setelah barang terikat kuat, pastikan barang tersebut tidak menghalangi cahaya lampu sein. Ini penting untuk keselamatanmu.

Sebab, jika lampu sein terhalang, maka pengendara di belakangmu tidak akan tahu jika kamu akan berbelok.

3. Barang bawaan gak boleh lebih lebar dari setang kemudi

sepeda motor astra aa546f7f2df7e60dfb1e48ce18857124 - Tips Aman Membawa Barang dengan Sepeda Motor Sampai Tujuan

Hal yang lain harus di perhatikan saat membawa barang dengan sepeda motor adalah barang bawaan itu gak boleh lebih lebar dari setang.

Sebab, jika barang bawaan lebih lebar dari setang, maka penglihatan melalui spion menjadi terganggu. Akibatnya bisa fatal.

Selain itu, jika barang bawaan lebih lebar dari setang, kamunya juga gak bakal leluasa menyalip, apalagi jika kondisinya sedang macet.

4. Tidak boleh lebih tinggi dari punggung pengendara

sepeda motor usplashbin thieu be617be1a290dd58fac4c6f0ce25259e - Tips Aman Membawa Barang dengan Sepeda Motor Sampai Tujuan

Selain itu barang bawaan yang di bawa juga gak boleh lebih tinggi dari punggung pengendara. Sebab, jika barang lebih tinggi dari punggung, maka akan menghambat arus angin.

Efeknya laju motor jadi tidak stabil. Ini tidak saja membahayakan pengemudi, tapi juga orang lain.

4. Bawaan gak boleh lebih berat dari beban maksimal yang di izinkan

sepeda motor usplashfredrick suwandi 39948000c1f580a3f41f5a47808a7f1a - Tips Aman Membawa Barang dengan Sepeda Motor Sampai Tujuan

Silakan baca buku manual sepeda motormu. Di sana pasti ada beban maksimal yang di perbolehkan untuk di angkut. Jangan melebihi apa yang telah di tetapkan pada buku manual tersebut. Sebab, risikonya bisa fatal