Tempat Terbengkalai Kini Jadi Destinasi Wisata

Tempat Terbengkalai Kini Jadi Destinasi Wisata

Tempat Terbengkalai di Dunia yang Kini Jadi Destinasi Wisata

Tempat Terbengkalai Kini Jadi Destinasi Wisata – Tempat terbengkalai, entah bangunan atau bahkan kota sekalipun selalu jadi momok menakutkan bagi banyak orang. Namun, tak jarang yang justru tertantang untuk membuktikan keberadaan makhluk mistis yang dipercaya meninggali tempat-tempat tersebut.

Tempat-tempat yang ditinggalkan tentu memiliki sejarahnya masing-masing. Terbengkalai dan terlupakan menciptakan keheningan yang mencekam dan memberikan efek energi yang unik dalam diri manusia sehingga menimbulkan rasa penasaran.

Dari bekas pulau industri hingga pembantaian penduduk desa, inilah tempat terbengkalai di dunia yang kemudian menjadi destinasi wisata.

  •  Pripyat

Bencana nuklir Chernobyl yang terjadi pada tahun 1986 benar-benar memberikan efek yang mengerikan. Kota Prypyat, kota terdekat dari Chernobyl dan merupakan rumah bagi banyak pekerja pembangkit listrik, dievakuasi sehari setelah ledakan dan 50.000 penduduk tidak pernah kembali ke rumah mereka.

Berubah menjadi seperti kota hantu, Prypyat bertransformasi menjadi destinasi wisata yang dapat dikunjungi. Tur akan berhenti di banyak tempat menarik di dalam zona pengecualian.

  •  The Fishing Village of Houtouwan

Terletak sekitar 40 mil dari Shanghai, Houtouwan pernah menjadi desa nelayan yang berkembang dengan masyarakat setempat membangun rumah-rumah yang mengesankan di atas lereng gunung yang menghadap ke teluk.

Setelah ditinggalkan oleh 3.000 penduduknya, desa ini menjadi tempat populer bagi fotografer dan wisatawan yang berkunjung ke sana untuk melihat tanaman hijau subur dan tumbuh-tumbuhan yang telah sepenuhnya mengambil alih daerah tersebut.

Gunkanjima

Pulau Hashima adalah bekas pemukiman penambang batu bara di lepas pantai Nagasaki yang didirikan pada akhir tahun 1800-an. Pulau seluas 16 hektar ini dulunya adalah rumah bagi lebih dari 5000 pekerja sebelum akhirnya ditutup.

Para pengunjung dapat mencapai tempat ini dengan perjalanan laut dari pelabuhan Nagasaki. Kapal membutuhkan waktu sekitar 50 menit untuk sampai ke pulau dan akan melewati pabrik pembuatan kapal besar Mitsubishi serta pulau-pulau lain di sepanjang jalan.

  • Eastern State Penitentiary

Eastern State Penitentiary dulunya adalah penjara paling terkenal dan mahal di dunia. Kini bangunan ini berdiri dalam keadaan hancur dengan sayap rusak dan menara penjaga yang ditinggalkan.

Meskipun demikian, saat ini tur penjara dibuka setiap hari mulai pukul 10:00 hingga 17:00 dan tiket dapat dibeli secara online. Dari pertengahan September hingga Halloween, penjara berubah menjadi rumah hantu yang menakutkan dan menyenangkan.

Para pengunjung dapat melihat blok-blok sel, sel hukuman soliter, sel yang pernah ditempati Al Capone — gangster Amerika — hingga death row.

  • Oradour-Sur Glane

Berjarak sekitar 20 km dari Limoges, kota ini adalah saksi dari salah satu kejahatan perang terburuk yang dilakukan oleh Nazi di Prancis, ketika pasukan Jerman masuk dan membantai 642 orang, termasuk 193 anak-anak. Hanya satu wanita dan lima pria yang berada di kota pada hari itu yang selamat.

Setelah melewati beberapa bekas kafe, toko daging, dan satu restoran hotel, terlihat jelas bahwa Oradour dulunya tidak begitu berbeda dari banyak desa Dordogne yang sekarang menarik wisatawan untuk pesona kota kecil mereka.

Itulah beberapa tempat terbengkalai yang bertransformasi menjadi tempat wisata. Memberikan suasana yang kelam dan menakutkan, tempat ini juga menawarkan sejarah yang panjang hingga bisa menjadi seperti sekarang.