Resep Pastel Vareniki Khas dari Eropa Timur yang Lembut dan Nikmat

39 1 - Resep Pastel Vareniki Khas dari Eropa Timur yang Lembut dan Nikmat

Resep Pastel Vareniki Khas dari Eropa Timur yang Lembut dan Nikmat

Resep Pastel Vareniki Khas dari Eropa Timur yang Lembut dan Nikmat – Eropa Timur secara geografis adalah wilayah di bagian timur benua Eropa. Pada umumnya kawasan ini terletak di antara pegunungan Ural dan Kaukasus serta perbatasan Rusia barat, atau secara alternatif juga mencakup negara-negara yang berdekatan dengan perbatasan Rusia barat.

Vareniki merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari Eropa Timur. Makanan ini populer di wilayah Slavia seperti Belarusia, Polandia, Slovakia, Rusia, Ukraina, dan Eropa Timur lainnya seperti Hungaria dan Rumania

Walaupun bahan dan cara pembuatan dari vareniki ini umumnya di setiap negara hampir sama, namun yang membedakan adalah bahan untuk isiannya. Ada yang memberi isian manis, namun ada juga yang gurih dan asam.Dan berikut ini ada poker deposit pulsa 10000 resep vareniki namun dengan menggunakan isian yang gurih dan isian seperti ini biasanya banyak terdapat di negara Ukraina.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

fromandroid e8bc67bb8a3bd649db8e48d7ee957120 - Resep Pastel Vareniki Khas dari Eropa Timur yang Lembut dan Nikmat

Bahan kulit :

  • Tepung terigu 280 gram
  • Susu segar 100 ml
  • Mentega tawar 10 gram
  • Telur ayam 1 butir
  • Garam secukupnya
  • Air 500 ml, untuk merebus

Bahan isi :

  • Bawang bombay 50 gram, cincang
  • Kentang kupas 250 gram, kukus lalu haluskan
  • Keju cheddar melted 50 gram, cincang
  • Merica bubuk 1/2 sdt
  • Garam secukupnya
  • Mentega tawar 2 sdm

2. Membuat adonan kulit terlebih dahulu

fromandroid 87e85c2174709a3ffa4d7373e2db1c4e - Resep Pastel Vareniki Khas dari Eropa Timur yang Lembut dan Nikmat

Kita membuat adonan untuk kulitnya terlebih dahulu. Pertama masukkan tepung terigu, susu, telur ayam, dan garam ke dalam mangkuk atau bowl, lalu aduk-aduk hingga semua bahan dapat tercampur dengan rata.

Kalau sudah, tambahkan mentega ke dalam adonan dan uleni terus hingga adonan menjadi kalis. Kemudian tutupi adonan dengan menggunakan kain yang lembap dan istirahatkan adonan selama kurang lebih 15 menit.

3. Membuat adonan untuk isiannya

fromandroid 8229d367f0b56634d2fc4c5cd87e7fde - Resep Pastel Vareniki Khas dari Eropa Timur yang Lembut dan Nikmat

Lanjut membuat adonan untuk isiannya. Nyalakan api kompor lalu panaskan sebanyak 2 sdm mentega tawar di wajan. Setelah menteganya mencair langsung masukkan bawang bombay ke dalam wajan.

Kemudian aduk-aduk dan tumis hingga bawang bombay menjadi harum dan matang. Lalu angkat dan campur bawang bombay tumis dengan kentang halus, merica bubuk, garam, dan keju. Aduk hingga rata.

4. Cetak dan rebus adonan hingga matang

fromandroid 64a1fe9fd08526f3eba38b7cf03364c9 - Resep Pastel Vareniki Khas dari Eropa Timur yang Lembut dan Nikmat

Pipihkan adonan kulit, lalu cetak bulat dengan diameter 9 cm. Untuk mencetaknya bisa menggunakan cetakan maupun menggunakan mulut gelas. Kemudian beri isian secukupnya dan lipat, rekatkan bagian tepinya dengan menggunakan putih telur. Pilin tepi adonan seperti bentuk pastel.

Kemudian didihkan air dan sedikit minyak, masukkan adonan ke dalam air mendidih dan rebus hingga adonan vareniki mengapung dan matang. Angkat dan tiriskan.

Kalau sudah, panggang sebentar adonan vareniki rebus dalam wajan dadar panas yang telah diolesi minyak sebelumnya. Cukup sebentar saja dan sampai warnanya menjadi agak kecokelatan.

5. Angkat dan sajikan

fromandroid 86f09f18b97b08d40ac3464447eb15d6 - Resep Pastel Vareniki Khas dari Eropa Timur yang Lembut dan Nikmat

Angkat dan taruh vareniki di atas piring saji. Dan vareniki pun siap untuk disajikan bersama dengan saus mayones sebagai pelengkapnya.

Resep vareniki di atas bisa dicoba buat di rumah untuk dimakan bersama-sama dengan anggota keluarga. Teksturnya yang renyah di luar namun lembut di dalam pasti akan membuat nagih semua orang yang mencicipinya. Selamat mencoba