Perpustakaan Keren di Thailand

Perpustakaan Keren di Thailand

Perpustakaan Keren di Thailand, Jadi Safari Literasi Saat Liburan!

Perpustakaan Keren di Thailand – Pustakawan Mendunia beruntung sekali memiliki kesempatan untuk berkunjung ke Thailand pada bulan Desember 2019. Kesempatan berharga itu kami gunakan tentunya untuk melakukan safari literasi dan perpustakaan di Thailand, khususnya di dua kota ini: Bangkok (ibukota Thailand) dan Chiang Mai (kota kedua terbesar di Thailand).

Mengunjungi sebuah negara untuk berlibur tentunya kamu akan membuat daftar tempat yang menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya tempat wisata ataupun menikmati suasana kotanya, terkadang beberapa wisatawan juga tertarik mengunjungi tempat lain seperti perpustakaan kota tersebut.

Tidak hanya bertujuan menarik wisatawan, perpustakaan yang nyaman dengan fasilitas yang mendukung juga akan meningkatkan minat baca penduduk. Jadi untuk kamu yang hendak berlibur ke Thailand jangan lupa melakukan safari literasi di negara ini dengan mengunjungi perpustakaannya.

Berikut beberapa perpustakaan di Thailand yang menyediakan suasana nyaman dengan fasilitas keren.

Thailand Knowledge Park

Dilansir doelgercenter.com Thailand Knowledge Park (TK Park) didirikan tahun 2005 dengan mengusung konsep living library atau perpustakaan yang terus hidup dan berkembang. TK Park didirikan di lokasi yang strategis dan mudah dikunjungi yakni disebuah pusat pembelanjaan di jantung kota Bangkok, Thailand.

TK Park tidak hanya menyediakan koleksi buku yang banyak dan lengkap melainkan juga didukung dengan berbagai ruangan yang memungkinkan digunakan untuk berbagai aktifitas kreatif. Di antaranya seperti Mind RoomKids RoomQuiet RoomH & C Coffe CornerMusic Library,  IT Library bahkan tersedia auditorium serta teater mini.

Perpustakaan Juga Menyediakan Mesin Pencarian Buku Untuk Memudahkan Para Pengunjung

Nelson Heys Library

Perpustakaan ini merupakan perpustakaan pertama di Thailand yang didirikan sejak tahun 1869. Awalnya hanya dibuka sekali seminggu hingga setelah resmi dibuka pada tanggal 26 Juni 1922 mulai dibuka setiap hari kecuali hari senin.

Jumlah koleksi buku perpustaakaan ini mencapai 20.000 dan semuanya berbahasa inggris. Keistimewaan dari perpustakaan ini yakni memiliki koleksi buku terbitan tahun 1800 dengan kondisi yang masih sangat baik untuk dibaca, beberapa bahkan dari koleksi bukunya sudah ada yang out of print.

Nasional Library of Thailand

Pada tanggal 05 Mei 1966 perpustakaan ini mulai dibuka secara umum dan memiliki sekitar tiga juta koleksi termasuk manuskrip Thailand dan prasasti batu.

Perpustakaan ini terkesan modern dengan penggunaan teknologi di dalam perpustakaan seperti penggunaan RFID Card sebagai alat bantu masuk gerbang sekaligus berfungsi di loker penitipan barang.

Bangkok City Library

Dalam upaya mempromosikan budaya membaca, Bangkok Metropolitan Administration (BMA) mendirikan perpustakaan Bangkok City Library. Yang terletak di Ratchadamnoen Road yang resmi dibuka pada tahun 2017.

Koleksi buku di perpustakaan ini mencapai 40.000 buku dan lebih dari 1.000 e-books yang bisa diakses dari komputer perpustakaan. Fasilitas lainnya terdapat teater 30 kursi, kedai kopi, dan gerai informasi wisata. Terdapat pula ruang serba guna serta ruang belajar yang mana dilengkapi Wifi gratis untuk pengunjung.

Pridi Banomyong Library

Perpustakaan ini terletak disalah satu universitas di Thailand yakni Thammasat University. Bangunan perpustakaan ini juga dekat dengan Sungai Chao Praya. Sehingga pengunjung juga bisa sekaligus menikmati pemandangan panorama sungai terpanjang di Thailand.

Perpustakaan modern ini memiliki fasilitas Wifi areaGroup Study Room dan Audiovisual Room. Yang bisa digunakan untuk mengakses bahan audio visual termasuk film dan musik.

Jika berlibur ke Thailand jangan lupa mampir di perpustakaan di atas yang cocok banget untuk safari literasi. Tidak hanya surga buku, fasilitas keren serta suasana nyaman yang juga instagramable.