Makhluk Mitos Korea Selatan Paling Seram yang Sering Muncul di Drakor

40 - Makhluk Mitos Korea Selatan Paling Seram yang Sering Muncul di Drakor

 Makhluk Mitos Korea Selatan Paling Seram yang Sering Muncul di Drakor

Makhluk Mitos Korea Selatan Paling Seram yang Sering Muncul di Drakor – Makhluk mitologis adalah makhluk yang keberadaanya dituturkan dalam kisah-kisah mitologis, legenda maupun fabel. Beberapa Makhluk tersebut juga terkait dengan folklor suatu suku. Makhluk mitologis pada umumnya bersifat fantastis, baik bentuk maupun kemampuannya.

Bukan hanya terkenal akan KPop dan KDrama, Korea Selatan juga memiliki cerita rakyat yang menarik untuk digali lebih dalam. Sebab di dalamnya terdapat berbagai makhluk mitos yang berbeda dari negara lain.

Makhluk-makhluk tersebut begitu populer di Korea Selatan hingga kisahnya pun diceritakan secara turun temurun. Bahkan pelaku industri kreatif setempat mengadaptasinya ke dalam idn poker deposit pulsa 10000 budaya populer, seperti KDrama atau drakor dan manhwa. Maka dari itu, kamu pasti familier dengan beberapa di antaranya.

1. Gumiho

1 8d123cc7dfaaec611bd743ecaee70b8e - Makhluk Mitos Korea Selatan Paling Seram yang Sering Muncul di Drakor

Diadaptasi ke dalam sejumlah drama Korea, Gumiho memang salah satu makhluk mitos yang paling terkenal di negara tersebut. Makhluk ini ternyata diceritakan telah hidup selama ribuan tahun, lho.

Dari luar, Gumiho merupakan rubah berekor sembilan yang tampak sangat anggun dengan bulunya yang berwarna putih. Namun makhluk ini bisa mengubah wujudnya menjadi sosok perempuan.

Menurut legenda, kemampuan tersebut dimiliki Gumiho untuk mengelabui manusia. Mereka kemudian memangsa hati serta mengisap darah untuk melanjutkan hidupnya.

2. Yong

2 27a33bb1228c54a1dbc70d94cd957a92 - Makhluk Mitos Korea Selatan Paling Seram yang Sering Muncul di Drakor

Dipengaruhi oleh budaya Tiongkok, Yong merupakan naga versi Korea. Dilansir Inspire Me Korea, alih-alih diasosiasikan dengan api dan ketamakan, naga Korea adalah makhluk yang dianggap membawa perdamaian dan kebijaksanaan.

Masih dari sumber yang sama, ada tiga macam naga yang dipercayai masyarakat. Yang pertama adalah Yong, yang paling kuat. Kemudian Yo, naga yang tinggal di dalam samudra. Terakhir Kyo, penguasa pegunungan.

Di antara semua makhluk mitos yang ada, Yong menempati posisi paling tinggi. Sebab mereka dipercaya mampu menciptakan makhluk lain, entah hewan ataupun tumbuhan.

3. Haechi

3 94f5bc4e1270824468f95d7d75596bf8 - Makhluk Mitos Korea Selatan Paling Seram yang Sering Muncul di Drakor

Haechi merupakan makhluk mitos yang wujudnya di bentuk oleh beberapa hewan. Kepalanya tampak seperti singa, tubuhnya seperti domba, memiliki tanduk layaknya unicorn, namun di selimuti oleh sisik dan bulu.

Walaupun tampak seram, Haechi di pandang sebagai sosok penjaga yang melindungi manusia dari bencana alam, kerusakan, dan penderitaan. Kamu akan menemukannya di setiap sudut istana setempat. Makhluk ini bahkan di nobatkan menjadi simbol kota Seoul, Korea Selatan.

4. Samjoko

4 387e3af5236b109b22276d19b50776c8 - Makhluk Mitos Korea Selatan Paling Seram yang Sering Muncul di Drakor

Berikutnya ada Samjoko atau burung gagak berkaki tiga. Makhluk yang satu ini mulai di percaya keberadaannya sejak era Goguryeo yang berlangsung pada abad ke-37 sebelum masehi.

Menurut legenda, Samjoko tinggal di Matahari dan merupakan perwujudan dari Dewa Matahari. Itulah kenapa makhluk ini di asosiasikan sebagai simbol kekuatan. Posisinya bahkan sama seperti Yong.

5. Jeoseung Saja

5 2ef9bb81e927c0c2d2e70d03112ed9aa - Makhluk Mitos Korea Selatan Paling Seram yang Sering Muncul di Drakor

Masih ingat tokoh grim reaper atau malaikat maut yang di perankan oleh Lee Dong Wook di drama Goblin?  Menurut kepercayaan masyarakat setempat, sosok tersebut adalah Jeoseung Saja.

Makhluk ini tampak seperti manusia namun mereka selalu mengenakan pakaian serba hitam dan gat (topi tradisional Korea). Jeoseung Saja juga membawa buku untuk mencatat waktu kematian seseorang.

Walaupun makhluk ini memiliki karakter yang kasar, mereka tidak berbahaya kok. Jeoseung Saja hanya bertugas untuk mengantarkan roh manusia yang baik dan buruk ke kehidupan selanjutnya.

6. Bulgae

6 bbd541121c74bd7acfe53632065e38ed - Makhluk Mitos Korea Selatan Paling Seram yang Sering Muncul di Drakor

Bulgae secara harfiah berarti anjing api. Nama tersebut di berikan karena makhluk ini memiliki wujud seperti anjing yang bisa menyemburkan api dari mulutnya. Menurut kepercayaan setempat, Bulgae berasal dari The Dark World (Gamangnara) atau dunia kegelapan.

Dalam mitologi Korea, Bulgae mendapatkan perintah dari raja kegelapan untuk mengejar Matahari dan Bulan. Ketika berhasil menangkap dan “menggigitnya”, terjadilah gerhana di negara tersebut.

7. Dokkaebi

7 62dd01be571e3e3ec00e4e0190f17629 - Makhluk Mitos Korea Selatan Paling Seram yang Sering Muncul di Drakor

Terakhir ada Dokkaebi, makhluk yang menuai popularitas setelah di perankan oleh Gong Yoo di drama Goblin. Akan tetapi, perlu di ketahui bahwa Dokkaebi di dalam drama tersebut jauh berbeda dengan kisah aslinya, lho.

Dokkaebi atau goblin adalah kisah yang mulai muncul sejak era dinasti Silla. Wujudnya bermacam-macam, ada yang menyebut bahwa makhluk ini tampak seperti manusia, ada pula yang mengatakan bahwa mereka mirip monster troll. Terlepas dari itu, kekuatannya sama, yaitu menghukum orang jahat dan memberi hadiah pada yang baik.

Makhluk ini di ceritakan menyukai lelucon, permainan, dan tantangan. Mereka bahkan sering mengajak manusia untuk melakukannya bersama. Tak perlu khawatir, Dokkaebi biasanya tidak berbahaya. Namun ada beberapa jenis Dokkaebi yang perlu di ketahui, yaitu:

  • Cham Dokkaebi yang nakal dan jail;
  • Gae Dokkaebi yang jahat;
  • Oedari Dokkaebi yang memiliki satu kaki;
  • Gaksi Dokkaebi, goblin belum menikah yang suka memikat manusia.

Itulah sejumlah makhluk mitos Korea Selatan yang populer dan memiliki wujud menyeramkan.