Jenis Keberanian Dalam Hidup Bermasyarakat yang Harus Kamu Miliki

42 - Jenis Keberanian Dalam Hidup Bermasyarakat yang Harus Kamu Miliki

Jenis Keberanian Dalam Hidup Bermasyarakat yang Harus Kamu Miliki

Jenis Keberanian Dalam Hidup Bermasyarakat yang Harus Kamu Miliki – Masyarakat adalah sekelompok manusia yang terjalin erat karena sistem tertentu, tradisi tertentu, konvensi dan hukum tertentu yang sama, serta mengarah pada kehidupan kolektif. Masyarakat adalah sekumpulan manusia yang karena tuntutan kebutuhan dan pengaruh keyakinan, pikiran, serta ambisi tertentu dipersatukan dalam kehidupan kolektif.

Sistem dan hukum yang terdapat dalam suatu masyarakat mencerminkan perilaku-perilaku individu karena individu-indivu tersebut terikat dengan hukum dan sistem tersebut. Keberanian adalah salah satu sifat yang sangat penting kita miliki.

Rasa takut bisa mencegah kita melakukan banyak hal, tapi keberanian bisa membantu kita mencapai hal-hal luar biasa. Namun, keberanian bukan hanya penting bagi kemajuan apk open card indonesia diri pribadi. Dalam hidup bermasyarakat, kita juga butuh keberanian supaya bisa memberi pengaruh positif bagi orang sekitar. Keberanian seperti apa? Ini dia Jenis-jenisnya.

1. Berani berpendapat

01 eb1845014e8cfa41e2cfdf7d805d366b - Jenis Keberanian Dalam Hidup Bermasyarakat yang Harus Kamu Miliki

Memiliki pendapat adalah hak semua orang. Namun sayangnya banyak orang yang gak berani menyampaikan pendapat pribadinya kepada umum. Alasannya macam-macam, misalnya takut pendapatnya gak didengar atau di kritik.

Jangan menjadi seperti mereka. Jika kamu meyakini bahwa pendapatmu benar dan bermanfaat, kamu perlu menyampaikannya kepada umum. Gak perlu takut diabaikan atau dikritik, karena itu semua biasa terjadi dalam hidup bermasyarakat.

Kalaupun ternyata pendapatmu salah, gak perlu jadi minder dan gak mau lagi berpendapat. Semua orang pernah berbuat salah kok, jadi santai saja. Selama pendapatmu gak melanggar hukum dan diungkapkan dengan cara yang bijak, sampaikanlah pendapatmu tanpa rasa takut.

2. Berani beda

02 26308204056de71f00a8c2021b6edbb1 - Jenis Keberanian Dalam Hidup Bermasyarakat yang Harus Kamu Miliki

Sebagai makhluk sosial, sangat wajar bila kita merasa ingin di terima oleh lingkungan. Tapi hati-hati, jangan sampai keinginan untuk di terima itu begitu besar sampai kamu rela melakukan segala cara, misalnya sampai mengubah kepribadianmu jadi mirip orang lain. Hal itu tidak perlu dan merugikan dirimu sendiri.

Maka jangan takut untuk menjadi berbeda. Kamu gak wajib mengikuti semua tren atau cara berpikir yang umum di masyarakat. Kalau sesuatu yang sedang ngetren gak sesuai dengan kepribadianmu, ya gak perlu di ikuti. Misalnya, kamu gak perlu pura-pura suka K-Pop hanya karena semua temanmu menyukainya lho.

Lagipula, sebenarnya menjadi beda gak selalu membuatmu di kucilkan lingkungan kok. Kalau kamu tetap pede dengan perbedaan yang kamu miliki, orang-orang pasti akan tetap menghargaimu. Pasti lebih enak kan di hargai sebagai diri sendiri daripada sebagai orang lain?

3. Berani jujur

03 a7f5a6bf32344f2befcbde39c18b4eef - Jenis Keberanian Dalam Hidup Bermasyarakat yang Harus Kamu Miliki

Kenapa jujur kadang butuh keberanian? Karena banyak orang gak jujur yang akan marah kalau kejujuranmu merugikan mereka. Tapi kamu gak perlu takut. Masih banyak juga kok orang-orang yang menghargai kejujuran, jadi kamu gak akan sendirian.

Contoh sederhana misalnya ketika ujian di kampus, temanmu mungkin akan kesal padamu kalau kamu gak mau memberinya contekan. Tapi gak usah khawatir, pada waktunya nanti ia akan sadar bahwa yang salah adalah dirinya, bukan kamu. Yakin deh, teman yang baik pasti akan menghargai kejujuranmu meski itu merugikan dirinya.

4. Berani terlihat jelek

04 efb6ff32f826bfb1183f951de7f7fafc - Jenis Keberanian Dalam Hidup Bermasyarakat yang Harus Kamu Miliki

Berani terlihat jelek adalah kebalikan dari jaim alias jaga image. Orang yang jaim pasti selalu ingin terlihat baik dari luar, sedangkan orang yang berani terlihat jelek gak akan terlalu ambil pusing dengan penilaian orang. Baginya yang terpenting bukan apa kata orang, tapi fakta yang sebenarnya.

Misalnya, kamu mungkin pernah menolak berdebat dengan seseorang tentang suatu topik, karena kamu tahu debat kusir semacam itu gak ada gunanya. Mungkin orang-orang mengira bahwa kamu menolak karena takut kalah debat, tapi kamu gak ambil pusing karena yang penting faktanya bukan seperti itu. Itu adalah contoh bukti bahwa kamu berani terlihat jelek.

Selama kamu gak berbuat buruk, jangan takut untuk terlihat jelek di mata orang lain. Mencoba mengontrol penilaian orang lain itu melelahkan, jadi lebih baik fokus saja pada keadaanmu yang sebenarnya. Sikap seperti itu akan menghindarkanmu dari stres karena terlalu memikirkan pendapat orang lain.

5. Berani menegur

01 6291f823463f29e4c472d4eec94a923a - Jenis Keberanian Dalam Hidup Bermasyarakat yang Harus Kamu Miliki

Keberanian yang satu ini mungkin sangat sulit di praktekkan, apalagi kalau kamu tipe orang yang introvert dan lebih suka menghindari konflik. Tapi keberanian untuk menegur sangat di perlukan dalam hidup bermasyarakat. Kalau orang yang melakukan tindakan buruk gak pernah di tegur, maka dia gak akan mau berubah jadi lebih baik.Tentu, ada kemungkinan orang yang kamu tegur akan marah kepadamu. Tapi kemungkinan itu bisa kamu minimalkan dengan cara memberikan teguran dengan sopan. Kalaupun ia masih marah dan gak mau berubah, setidaknya kamu sudah berusaha. Dan kalau ia mencoba untuk melakukan kekerasan padamu, kamu bisa melaporkannya pada pihak yang berwajib.