Buat Anak Motor yang Wajib Tahu Fakta Unik di Balik Motor Trail

46 - Buat Anak Motor yang Wajib Tahu Fakta Unik di Balik Motor Trail

Buat Anak Motor yang Wajib Tahu Fakta Unik di Balik Motor Trail

Buat Anak Motor yang Wajib Tahu Fakta Unik di Balik Motor Trail – Sepeda motor jenis trail memang memiliki desain sedikit berbeda. Bodinya terlihat ramping tapi kokoh dengan ground clearance yang tinggi. Penyediaan mesin motor melayani untuk medan terjal, dengan torsi besar top speednya rendah. Bannya pun tak terkalahkan, jenis ban pacul agar daya cengkeramnya kuat.

Sepeda motor trail juga dipakai untuk balapan, motorcross. Ada lintasan khusus untuk motorcross. Biasanya di perbukitan atau mean berlumpur dengan belokan tajam dan gundukan tanah sehingga membuat pembalap harus jumping. Banyak jenis sepeda motor. Ada motor sport, touring, matic, hingga trail. Nah, motor yang terakhir disebut ini cukup unik. Sebab motor trai diciptakan untuk melibas jalanan gak jelas.

Iya, gak jelas karena jalannya kadang berupa tanah becek, medan berbatu, hingga genangan atau bahkan kubakan. Karena itu desain motor ini gak neko-neko bahkan cenderung naked. Tapi, di balik desainnya yang minimalis tersebut, ternyata motor-motor trail punya banyak keunikan yang gak akan kamu temukan pada IDN Poker Online Terpercaya 2021 motor jenis lain.

1. Bodi super lentur

Keunikan paling signifikan ada pada bodi motor trail yang lentur. Bodi berupa plastik pada motor trail memang sengaja di pilih dari bahan yang lentur biar tidak patah saat jatuh. Maklum saja, motor satu ini memang di ciptakan untuk berjumpalitan di jalan offroad. Jadi sangat rentan jatuh.

Selain bodi yang super lentur, motor trail juga punya fitur ground clearance yang jauh lebih tinggi dari motor-motor jensi lain. Ground clearance sengaja di bikin tinggi biar mesin dan rangka gak mesin membentur batu saat menerabas hutan.

2. Ukuran roda depan dan belakangnya berbeda

Keunikan berikutnya adalah ukuran ban belakang dan depan yang berbeda. Ban depan pada motor trail biasanya lebih besar dibandingkan ban belakang. Sebab shock depan motor trail lebih panjang dibandingkan motor biasa, karena itu membutuhkan diamater ban yang lebih besar.

Selain itu diameter ban depan yang lebih besar akan membuat rider lebih nyaman saat melibas jalan yang jelek sekalipun. Sementara ban yang lebih kecil di belakang akan menambah kegesitan motor.

Biasanya motor-motor trail menggunakan ban depan berukuran 21 sementara ban belakang 18. Tapi ada juga yang menggunakan ban depan berukuran 19 dengan ban belakang 16. Yang pasti, diameter ban depan selalu lebih besar dari ban belakang.

3. Menggunakan ban pacul

Ban pacul biasanya di pakai khusus untuk motor trail, penggunaan ban pacul memang memberikan kesan gahar dan keren.

Motor trail di desain untuk di gunakan pada jalan ekstrem (off-road), karena itu butuh daya cengkeram dari ban pacul, agar mampu menghadapi kondisi jalan basar, curam, dan sebagainya.

4. Peredam kejut lebih tinggi

Di karenakan motor trail yang memiliki bodi ringan dan ukuran roda yang lumayan besar, gak heran jika shockbreker standar pada motor trail di desain lebih tinggi dari motor biasa.

Selain itu, pencinta motor trail juga bisa costum shockbreakernya agar lebih tinggi lagi, pastinya dengan batas aman yang telah di tentukan.