Alasan Sepeda Motor Tidak Menggunakan Penggerak Roda Depan

45 - Alasan Sepeda Motor Tidak Menggunakan Penggerak Roda Depan

Alasan Sepeda Motor Tidak Menggunakan Penggerak Roda Depan

Alasan Sepeda Motor Tidak Menggunakan Penggerak Roda Depan – Sepeda motor adalah kendaraan beroda dua yang digerakkan oleh sebuah mesin. Letak kedua roda sebaris lurus dan pada kecepatan tinggi sepeda motor tetap stabil disebabkan oleh gaya giroskopik. Sedangkan pada kecepatan rendah, kestabilan atau keseimbangan sepeda motor bergantung kepada pengaturan setang oleh pengendara.

Penggunaan sepeda motor di Indonesia sangat populer karena harganya yang relatif murah, terjangkau untuk sebagian besar kalangan dan penggunaan bahan bakarnya serta serta biaya operasionalnya cukup hemat. Kebanyakan mobil di dunia kini menggunakan penggerak roda depan.

Sebab penggerak roda depan ongkos produksi mobil-mobil berpenggerak roda depan dianggap lebih murah di bandingkan mobil berpenggerak roda belakang. Uniknya hal yang sama tidak berlaku pada sepeda motor. Sebab hampir semua sepeda motor yang beredar saat ini menggunakan idn poker deposit pulsa 10000 penggerak roda belakang. Kenapa bisa berbeda dengan mobil, ya? Berikut beberapa jawabannya.

1. Lebih mahal dan tidak fleksibel

motor dua 03e3926fdef37ec328b2acee97d8680d - Alasan Sepeda Motor Tidak Menggunakan Penggerak Roda Depan

Salah satu jawaban kenapa motor tidak menggunakan penggerak roda depan karena sistem ini di anggap tidak fleksibel dan lebih rumit sehingga membuat biaya produksinya membengkak.

Motor penggerak roda depan pernah di produksi Killinger and Freund Motorcycle pada 1939. Namun proyek motor bermesin 600cc 2 tak tersebut kemudian di hentikan.

Sebab sistem penggerak roda depan di anggap tidak tepat jika diterapkan pada sepeda motor yang berdimensi kecil. Penggerak roda depan juga membutuhkan part yang lebih banyak dan kompleks sehingga membuat biaya produksi membengkak.

2. Rentan membuat selip ban depan

mendorong sepeda motor karena mogok 74bd0a5f33278ebda1082a66ce0ac165 - Alasan Sepeda Motor Tidak Menggunakan Penggerak Roda Depan

Alasan lainnya kenapa motor tidak menggunakan penggerak roda depan karena sistem ini rentan membuat roda depan menjadi selip. Akibatnya motor menjadi kehilangan tenaga, sulit berakselerasi karena gaya inersia menyebabkan motor cenderung fokus ke bagian belakang.

3. Lebih sulit di kendalikan

klasik unsplash mitchell griest 6265c987635abf293888adbf83d6ef03 - Alasan Sepeda Motor Tidak Menggunakan Penggerak Roda Depan

Faktor lain yang membuat sistem penggerak roda depan sulit di aplikasikan pada sepeda motor adalah stabilitas. Berbeda dengan mobil yang ketika di belokkan bannya akan tetap rata dengan jalan, ban sepeda motor akan miring saat di belokkan. Jika penggerak berada di depan, maka membelokkan motor bisa berpotensi menyebabkan oleng