4 Taman Cantik di Kebun Raya Bogor, Cocok Untuk Jalan-Jalan

4 Taman Cantik di Kebun Raya Bogor, Cocok Untuk Jalan-Jalan

4 Taman Cantik di Kebun Raya Bogor, Cocok Untuk Jalan-Jalan

4 Taman Cantik di Kebun Raya Bogor – Jalan-jalan ke taman merupakan salah satu kegiatan wisata menyenangkan di tengah pandemi Covid-19. Di Kebun Raya Bogor terdapat banyak taman cantik yang bisa dikunjungi loh.

Jika Anda bosan di rumah, pergilah sejenak keluar rumah untuk merasakan paparan sinar matahari ke taman cantik. Selain itu, Anda juga bisa menghirup udara segar serta aroma tertentu di alam seperti melati APK IDNPLay Deposit Via Pulsa atau pinus dapat membantu mengurangi stres.

Berikut ini empat taman cantik yang ada Kebun Raya Bogor yang dapat kalian kunjungi. Yuk simak!

  • Taman Kolam Gunting

Keberadaan salah satu kolam ini seakan menjadi simbol pemisah sejak tahun 1868, antara Istana Kepresidenan Bogor dengan Kebun Raya Bogor. Kolam buatan yang kini menjadi ekosistem bagi koleksi tanaman air beserta pulau buatan di tengahnya akan nampak seperti gunting jika dilihat dari ketinggian.

Perpaduan antara nilai historis dan romantisme pun tampak pada Tugu Reinwardt dan Tugu Raffles, sebagai bentuk penghargaan terhadap perintis Kebun Raya Bogor dan bukti cinta yang mendalam Thomas Stamford Raffles terhadap istrinya.

Gemercik air dan keindahan dari taman kolam gunting dapat membuat pengunjung merasa lebih tenang dan nyaman. Terlebih lagi ketika bunga teratai di kolam ini mekar, warna pink-nya sangat indah dan cantik membuat foto Anda semakin keren.

  • Taman Teijsman 

Taman simetris ini dibangun untuk mengenang jasa-jasa Teijsmann, salah satu kurator Kebun Raya Bogor pada tahun 1830 sampai 1869. Tempat ini juga disebut Taman Versailles mini karena berlokasi di belakang Istana seperti taman resmi yang berada di Istana Kerajaan Perancis.

Di tengah-tengah taman ini ada sebuah tugu dengan nama yang sama yakni Tugu Teijsman. Meski tak terlalu ramai namun taman ini memiliki nuansa taman Eropa yang menambah keindahan dan kenyamanan pengunjung yang datang ke sini.

  • Taman Meksiko 

Taman Meksiko merupakan salah satu tempat yang menarik dan edukatif di Kebun Raya Bogor. Koleksi tanamannya sebagian besar berasal dari Meksiko, seperti Yucca, Kaktus, Agave, Euphorbia dan tanaman sukulen lainnya.

Karenanya taman ini dinamakan Taman Meksiko. Koleksi tanaman tersebut menjadi daya tarik pengunjung untuk berfoto-foto.

“Taman yang ada di Kebun Raya Bogor sangat bagus dan menarik, terlihat terawat tanaman-tanaman di sana. Apa lagi di sana ada satu spot foto yang menarik, yaitu Taman Meksiko yang ditumbuhi banyak pohon kaktus,” ujar Ratna salah satu pengunjung Kebun Raya Bogor (30/09/2020).

Keberadaan koleksi tanaman dataran kering ini juga dinilai eksotis. Sebab dapat tumbuh dengan baik di Kota Bogor yang terkenal sebagai Kota Hujan.

  • Taman Sudjana Kassan 

Taman yang tidak kalah indah selanjutnya yaitu sudjana Kassan atau juga biasa disebut Taman Bhineka. Tempat ini dibangun pada 18 Mei 1985, sebagai penghargaan terhadap Sudjana Kassan, seorang kurator di Kebun Raya Bogor 1949-1959. Kemudian ia menjadi orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai direktur Kebun Raya Bogor 1959-1969.

Jika dilihat dari ketinggian, taman ini mempunyai ornamen relief besar berbentuk gambar burung garuda lambang Negara Republik Indonesia. Maka sering disebut sebagai Taman Bhineka.

Keberadaan air mancur dan jembatan yang menghubungkan bagian timur dan barat taman, juga telah menambah keindahan taman. Dilengkapi pula dengan gazebo untuk istirahat pengunjung di bawah naungan pohon besar.